Rabu, 04 April 2012

Sehari di Bali


Hampir setiap orang orang indonesia pernah membayangkan jalan-jalan ke bali. Soal sampe atau tidak itu masalah waktu. Seperti teman saya kemarin. Iseng-iseng karena sedang bosan di Jakarta langsung aja jalan-jalan ke Bandara Sukarno Hata dan disana beli tiket ke Bali. Ketika ditanya pakai rencana . Dia bilang tidak. Dan di kota Denpasarpun dia cuma melihat bandara dan langsung pulang. Jadi ngapain ke Bali tanyaku. Cuma ingin lihat doang.. jawabnya.  Sayang menurut ku. Kenapa tidak sekalian aja putar-putar kota. dan dia bilang .. males.

Nah buat kita-kita sebenarnya sayang jika hanya begitu saja menikmati bali. Kenapa tidak sekalian berpetualang sendiri. Sayang sekali waktu dan uang jika hanya untuk itu. Kesempatan tidak datang dua kali.

Kenapa kita tidak mengambil waktu12 jam saja di Bali karena Bandara Ngurah Rai terletak di selatan Bali yang merupakan pusat keramaian wisata Bali. Kita bisa menyempatkan waktu untuk berwisata secara kilat seperti berikut.

 Jam 11.00 Sebelum jalan-jalan, urusan perut harus dibahagiakan dulu. Cari saja aneka kuliner di kawasan Tuban. Jaraknya hanya 5 menit dari bandara. Ada berbagai rumah makan tersedia di pinggir jalan Tuban. Apalagi banyak makanan halal di kawasan ini. Kata orang, belum lengkap mampir di Bali tanpa beli oleh-oleh. Di kawasan Tuban banyak terdapat toko oleh-oleh. Salah satu yang terkenal adalah Toko Krisna yang buka 24 jam. Aneka camilan seperti kacang Bali sampai baju-baju Bali bisa Anda beli di sini. Awas, atur waktu Anda, jangan sampai keasyikan belanja dan lupa waktu. Sediakan waktu untuk berbelanja selama-lamanya satu jam saja. Selanjutnya, arahkan perjalanan ke daerah Uluwatu untuk mampir ke Garuda Wisnu Kencana.

Jam 14.00 Garuda Wisnu Kencana (GWK) selalu menarik untuk dikunjungi. Batu karang yang dipecah-pecah hingga menjadi balok-balok tebing, tampak menakjubkan saat melangkah di antaranya. Jangan lupa berfoto dengan dua patung ikonik tempat ini, yaitu patung Dewa Wisnu dan Garuda dalam ukuran raksasa. Pastikan Anda bisa datang tepat jam 14.00 untuk menyaksikan penampilan tari tradisional Bali yang diiringi gamelan nan enerjik. Penampilan ini bisa Anda saksikan di Amphitheater. Selain itu, coba sewa Segway seharga Rp 50.000 untuk 10 menit mengelilingi kawasan GWK. Atau, relaksasi dengan perawatan spa seperti refleksiologi yang tersedia di tempat ini. Harga tiket untuk masuk ke GWK hanya Rp 30.000.

16.00 Tak lengkap rasanya ke kawasan Uluwatu tanpa mengunjungi Pantai Dreamland yang terkenal itu. Lanjutkan perjalanan dengan mengunjungi pantai berpasir putih. Dikelilingi dengan bukit karang, Anda bisa saja berteduh di bawah bayangan karang. Namun, sempatkan diri untuk berenang. Walau sekarang Pantai Dreamland sudah semakin ramai dikunjungi. Tetap saja, lautnya yang berwarna tosca masih begitu memikat. Pengunjung biasanya dikenai biaya masuk sekitar Rp 10.000 dan parkir saat masuk ke kawasan ini. Untuk menuju pantai ini, Anda harus masuk ke kawasan resor. Di area parkir, Anda tinggal jalan menuruni tangga batu untuk menuju pantai. Sore hari sangat tepat, karena matahari sudah tidak begitu terik. Jika Anda sudah pernah ke pantai ini, Anda bisa kunjungi pantai lainnya di kawasan Uluwatu. Misalnya Pantai Padang-Padang atau Pantai Blue Point. Bisa juga mengunjungi Pura Uluwatu untuk menonton tari kecak dengan latar belakang laut bebas.

Jam 18.00 Lanjutkan perjalanan ke Pantai Kedonganan. Saatnya kembali mengisi perut Anda dengan kuliner ikan bakar khas pesisir pantai. Hidangan seafood yang terkenal memang di Pantai Jimbaran. Namun, coba lokasi yang berbeda yaitu di Pantai Kedonganan yang berada persis di sebelah Pantai Jimbaran. Sama seperti di Pantai Jimbaran, di sini berderet rumah makan yang menjual ikan bakar. Anda tinggal pilih ikan, udang, cumi-cumi, dan aneka bahan laut lainnya yang ingin diolah. Ada pula paket menu dengan harga variatif. Namun biasanya terdiri dari ikan, cumi, udang, sayur kangkung plecing, nasi, buah, dan air mineral. Harga paket mulai dari Rp 75.000. Pilih tempat duduk di area berpasir. Deburan ombak dan temaram lilin akan menemani makan malam Anda. Tetapi jika tak kuat dengan angin laut, bisa saja pilih tempat makan di area dalam yang tertutup.

Jam 20.00 Kelar makan malam, lanjutkan perjalanan ke pantai selanjutnya. Kali ini, pilih daerah Kuta yang ramai. Perhatikan waktu karena kawasan ini macet, apalagi di malam hari. Asyik juga jika bersantai sambil menikmati minuman ringan dan cemilan di Pantai Kuta. Pilih pantai di kawasan sepanjang Jalan Raya Kuta. Semakin malam, pantai ini semakin ramai. Jika tak mau terlalu jauh dari bandara, pilih pantai di area Discovery Mall. Masuk ke dalam mal dari Jalan Raya Tuban dan berjalanlah ke arah berlawanan menuju pintu belakang. Keluar dari pintu ini, pasir dan laut akan terhampar di depan mata. Jangan lupa sebelumnya beli minuman dan makanan ringan untuk menemani Anda bersantai sambil menikmati angin laut yang sepoi-sepoi.

Jam 23.00 Jika penerbangan Anda misalnya jam 11 malam, maka pastikan Anda sudah di bandara satu jam sebelumnya. Itu berarti Anda harus siapkan waktu setengah jam sampai satu jam untuk melakukan perjalanan ke bandara. Nah, sisa waktu selanjutnya, tinggal menunggu waktu untuk boarding. Lalu, saat di dalam pesawat, lamunkan wisata kilat Anda selama setengah hari yang telah Anda lalui. Kemudian, turunkan sandaran kursi Anda dan lepas penat dengan tidur.

Jadi bagaimana sekarang. Segera cari tiket promo dan pesan tiket untuk sendiri atau berdua.
Go And the Adventure begin..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar