Rabu, 29 Agustus 2012

Mengenal Bumijawa


Bumijawa


Bumijawa terletak di Jawa Tengah. Masuk kabupaten Tegal. Dekat Slawi. Kota kecamatan  kecil ini terletak dikaki gunung Slamet. Memiliki ketinggian 800 meter dpl membuat udara di kawasan ini relatif dingin. Kecamatan ini banyak menghasilkan sayur-sayuran dan buah-buahan , selain itu juga kaya akan hasil alam seperti teh, kayu dan karet .

Di Bumijawa terdapat sebuah mata air yang bernama "Bulakan" yang airnya digunakan untuk keperluan PDAM kabupaten Tegal.  Di hari tertentu di Bulakan ini ada acara mencuci bende.  Dalam  mengambil air suci "bende"  malamnya diadakandan arak-arakan dengan membawa "aul" atau boneka-boneka dari bambu seperti ondel-ondel. Acara ini biasanya  ketika memperingati maulid Nabi Muhammad SAW.

Dari prasasti Kota Kapur yang ditemukan JK Van der Meulen di Pulau Bangka pada bulan Desember 1892 M, diperoleh petunjuk bahwa Kerajaan Sriwijaya pada abad ke-8 dan ke-9 M saat diperintah Raja Balaputradewa yaitu Srivijaya (Sriwijaya) yang sedang berusaha menaklukkan Bumi Jawa, tidak dijelaskan wilayah mana yang dimaksud dengan Bhumi Jawa dalam prasasti itu, apakah yang dimaksud Bhumi Jawa itu adalah Kerajaan Tarumanegara di Pantai Utara Jawa Barat atau bumijawa yang digunung slamet ini. Kita lihat saja nanti.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar