Kamis, 23 Mei 2013

Menghindari boros lewat fengsui


Apakah ruang tamu Anda hanya berfungsi sebagai tempat menerima tamu? Bagian depan dalam rumah ini sebaiknya dibuat berbentuk segi empat, dan sebaiknya hindari bentuk lengkungan atau potongan diagonal.

"Bentuk ruang tamu yang terpotong digambarkan sebagai hilangnya anggota keluarga atau ada yang tercerai berai. Sementara pintu ruang tamu yang baik, yaitu memiliki daun pintu dengan arah bukaan ke dalam, bukan keluar. Ini untuk menghambat keluarnya rezeki yang sudah masuk ke dalam rumah," kata pakar feng shui Jane Kumala.

Bagian bawahnya atau lantai, sebaiknya didesain beraturan. Sebaiknya hindari penggunaan atau pecahan keramik yang disusun sedemikian rupa. Walau keramik dengan corak ini memiliki kesan artistik, bentuknya akan memberikan kesan yang tidak rapi.

"Bentuk lantai yang tidak tersusun rapi bisa memengaruhi keuangan pemilik rumahnya, seperti boros dan terkadang bisa membuat anggota keluarga tidak betah berada di rumah," kata Jane.

 Untuk bagian langit-langit, ruang tamu bisa juga meningkatkan energi positif. Namun, bila salah mengatur, justru bisa menyebabkan kesengsaraan.

"Boleh saja menghias langitlangit dengan berbagai hiasan, tapi yang tidak disarankan adalah memberi hiasan dengan bentuk kotak yang ujungnya menonjol atau terdapat cerukkan di bagian sisinya," sebutnya.


Baik patung hiasan maupun lukisan, haruslah mengacu ke arah dalam rumah/apartement ataupun sebuah kantor, sehingga memberikan pengaruh masuknya aliran positif. Apabila hiasan dan lukisan dipajang mengarah keluar tempat tinggal, maka akan berlaku kebalikannya, dan ini sangat tidak menguntungkan.
Namun, sebenarnya langit-langit yang baik terdapat di bagian tengah ruang tamu. Di bagian ini Anda bisa mengosongkannya dengan cara menambahkan aksesori, seperti chandelier kristal dan sejenisnya.

Lewat hiasan ini, unsur positif fengsui lebih leluasa masuk ke ruang tamu. Penataan kursi atau sofa dan meja tamu juga harus Anda perhatikan. Sebaiknya pilih meja dengan desain bulat.

"Pengaturan bentuk L tidak disarankan karena akan memunculkan sudut runcing yang tajam dan merugikan.
Lebih baik menempatkan meja tamu di tengah dan sofanya biarkan mengelilinginya," kata wanita berkulit putih ini.

Anda pun sebaiknya hindari lemari ukiran yang berat dan rumit karena energi dari lemari tersebut akan membuat ruang tamu yang kecil menjadi berkesan sumpek atau panas. Ada baiknya Anda memilih dekorasi perabotan dengan garis simpel.

"Pilih perabot yang berbentuk pintu dibandingkan bentuk rak-rak saja. Rak buku yang berpintu akan mengancam kemakmuran pemilik rumah," tutur Jane.

Pintu dan jendela rumah setiap pagi harus dibuka. Hal ini untuk menyambut rezeki yang datang dari luar masuk ke dalam. Pintu masuk yang jarang digunakan menandakan keberuntungan juga lebih bersifat statis, bahkan cenderung menurun.

Pintu rumah sebaiknya digunakan untuk mempersilakan tamu masuk. Jadi, keluar masuknya tamu bukan melalui pintu garasi atau pintu dapur.


Pada malam hari, lampu ruang tamu sebaiknya dihidupkan. Tidak usah sepanjang malam, tapi cukup 30 menit sampai satu jam. Tujuannya membuyarkan pengendapan yin yang masuk melalui pintu ruang tamu. 

Energi Chi akan keluar dari rumah setelah mengitari area rumah anda, melalui wilayah-wilayah pada bagian belakang rumah, seperti pintu belakang dan kamar mandi/wc. Untuk menghindari energi terlalu cepat keluar dari rumah, biasakan agar pintu kamar mandi atau wc tetap dalam kondisi tertutup saat sedang tidak digunakan, termasuk menjaga closet dalam kondisi tertutup, niscaya rejeki yang Anda peroleh tidak mudah mengalir keluar.

Dalam Feng shui,  air merupakan sesuatu yang mutlak. Jadi, unsur air akan meningkatkan efek untuk meraih keberuntungan kekayaan. Akuarium merupakan salah satu unsur air buatan manusia. Nah, dimana saja penempatan akuarium yang tepat untuk mendapat chi keberuntungan…?
Penempatan akuarium yang dianjurkan adalah di ruang tamu, ruang keluarga  dan ruamg /sektor keberuntungan bagi penghuni rumah. Jangan meletakkan unsur air di kamar tidur.
Menurut teori 5 unsur dan atribut 8 sektor penempatan air yang bagus adalah di utara (karena air terletak di utara), timur dan tenggara (karena air akan menghidupi kayu).

Penempatan akuarium di sektor utara daripada ruang tamu atau ruang keluarga, akan menciptakan chi pertumbuhan dalam karier dan bisnis. Para pelaku bisnis /pengusaha biasanya meletakkan akuarium di sektor ini. Timur merupakan lambang dari kesehatan. Penempatan akuarium disini membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan, keberuntungan uang dan keberuntungan generasi selanjutnya. Jika kita mempunyai orang tua atau keluarga yang sering sakit-sakitan  sangat baik menempatkan akuarium di sektor timur. Sedangkan tenggara adalah sektor kekayaan uang. Penempatan akuarium di sektor ini dapat membuat rumah ini akan mendapat keberuntungan uang yang sangat bagus.
Hal-hal yang perlu diperhatikan:
  1. Air akuarium harus selalu dalam keadaan bersih, sebaiknya ada filter pembersih dalam akuarium. Air yang kotor dipercaya menciptakan chi yang buruk (Shar Chi).
  2. Ikan yang dianjurkan adalah ikan arwana atau ikan mas koki berwarna merah sebanyak 8 ekor dan warna hitam 1 ekor. Warna merah melambangkan energi Yang dan hitam perlambang energi Yin yang dipercaya dapat menyerap energi negatif.

dari berbagai sumber: Aprilia S Andyna/Koran SI, NJB, dll

Tidak ada komentar:

Posting Komentar