Kamis, 12 Juli 2012

Hati-hati kalau beli es di warung

Disaat panas seperti di kota Jakarta, kita biasanya senang jika minum minuman dingin. Minum es teh manis atau minum es jeruk. atau mungkin minum jus yang segar.

Tapi tahukah kita jika es yang biasa kita beli di warung itu es dari air mentah. karena es yang dibuat dan disediakan itu sebetulnya untuk mengawetkan ikan segar atau mendinginkan minuman botol di box. Bukan untuk diminum langsung.

Jika ingin tahu dan membedakan es itu dari air mentah atau  air matang ini ciri-cirinya:

 ciri ES batu dari Air Mentah

1. Warna ES
ES Batu yang dibuat dari air mentah memiliki warna yang Putih. Secara ilmiah, air yang bersuhu dingin akan meyebabkan udara terperangkap di dalam air. sehingga ketika Air tersebut membeku maka akan tampak Gelembung Udara tadi menjadi berwarna Putih seperti salju

2. Jumlah Gelembung ES
Gelembung-gelembung Udara akan tampak di dalam ES dengan jumlah yan begitu besar.


ciri Es batu dari Air Masak/Matang

1. Kejernihan
 ES batu yang menggunakan Air masak akan terlihat lebih jernih dan Sangat bening.
 Hal ini dikarenakan udara sudah lepas ketika Proses pemasakan Air. 
 ES juga akan terlihat    jernih tanpa kotoran karena Sebelum dijadikan ES, terlebih dahulu air yang sudah dimasak di dinginkan sehingga kotoran-kotoran air akan mengendap seluruhnya

2. Gelembung ES
Secara Ilmiah, walaupun saat pendinginan Air menjadi ES pada suhu 0 derajat, udara tidak bisa masuk kedalam pembungkus ES batu sehingga sangat sedikit Gelembung yang terperangkap di dalam ES batu. Ini juga membuktikan bahwa kandungan udara di dalam air menjadi berkurang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar