Monday 27 July 2020

Tongkat dan selop Pangeran Diponegoro


Pangeran Diponegoro menggunakan tongkat ketika ia pergi berziarah ke tempat-tempat suci di Jawa - terutama di Yogyakarta.  Ini juga member arti bahwa  tongkat adalah sesuatu yang sakral.  Ada kekuatan tersembunyi di dalamnya . Ternyata memakai tongkat adalah sunnah para nabi, auliya Allah. Imam syafii saat ditanya kenapa bertongkat padahal  beliau kuat dan masih muda..

“Karena aku musafir di dunia ini, tujuanku akhirat. Orang yang bertongkat akat mengingatkan dirinya untuk tidak bermaksiat. Membuat dirinya focus kepada tujuan.”

  Diponegoro (1785-1855) juga lebih dari sekadar pangeran.  Dia terukir dalam ingatan Indonesia sebagai pahlawan pertama dan terbesar dari pertempuran melawan kolonial Belanda.  Pangeran Diponegoro adalah perjalanan perjuangan kemerdekaan yang  berakhir di sel di bawah balai kota tua Batavia tempat sang pangeran ditahan untuk kemudian diasingkan di Menado dan kemudian Makassar.

Dalam lukisan penangkapan sang pangeran karya  Pieneman dan Raden Saleh , terlihat jelas  Diponegoro diundang ke pertemuan, dan dia datang  dengan perasaan  aman tanpa membawa pengawal dan senjata,  padahal  Belanda  membawa banyak tentara  yang  ingin menangkapnya.


Belanda adalah Negara kecil, dia tidak punya banyak tentara. Sehingga dengan uang dan kelihainnya berdiplomasi dia akan mencari keuntungan untuk dirinya. Mereka tidak berani menyerang jika tidak ada orang dalam. Mereka selalu mengirimkan juru runding, mata-mata dan siapa saja yang bisa dibeli. Salah satunya adalah Danurejo IV. Seorang kepercayaan pangeran Diponegoro sendiri. Sebagai patih yang dipercaya Diponegoro namun tidak dipercaya oleh kraton dia perlu backup, tetapi sang pangeran diponegoro selalu ada di luar keraton maka otomatis dia tidak  ada teman. Akhirnya  dia meminta Belanda sebagai kawan dan kongsinya,  jiwanya dijual habis kepada Belanda. Kemudian peristiwa “Babad Kedung Kebo” terjadi. Dirinya diadili karena membuat keputusan besar tanpa konsultasi dulu dengan sang Pangeran. Dia mengganti para petugas pajak dan pejabat penegak hukum sesuai selera dirinya sendiri, namun mengelak bahwa itu bukan perbuatan dia. Pangeran marah dan langsung menghampirinya terus memukulkan selop yang dia pakai ke kepala sang patih. PLAK!!

 

Sebuah dendam yang telah bersemi dihatinya  membuatnya bertekad menghancurkan sang Pangeran Jawadan  berhasil mengantarkan Diponegoro ke pengasingan.

 

 

Kembalinya tongkat Diponegoro

 

Dua keturunan Gubernur Jenderal Jean Chrétien Baud telah menyerahkan kembali  tongkat 1,40 meter ke Indonesia beberapa tahun silam.   Gubernur Jenderal telah membawa benda itu ke Belanda 185 tahun yang lalu, di mana keluarga perlahan-lahan lupa benda apa itu sebenarnya.  Erika dan Michiel Baud membawa tongkat kembali.

Tongkat itu  berasal dari warisan leluhurnya Jean Chrétien Baud.  Pada bulan Juli 1834, sebagai gubernur jenderal awal Hindia Belanda,  diberikan  oleh mantan anggota Diponegoro, tongkat kayu sepanjang 1,40 meter dengan perlengkapan perak dan pisau berbentuk cakram besi tempa. 

Awalnya tongkat bukan milik sang pangeran, tetapi untuk para sultan Demak, dan dengan demikian jauh lebih tua.  Pangeran Diponegoro mendapatkannya dari orang Jawa biasa.  Dia selalu membawa tongkat ketika dia naik haji untuk meminta restu dari Yang Mahatinggi .

 Tongkat berasal dari rumah keluarga, yang benar-benar diingat oleh Erica Baud.  Dia dan saudara-saudaranya tidak ingat di mana tongkatnya atau selama bertahun-tahun.

 

 "Kami benar-benar terkejut.  Ini bukan barang rampasan, ini hadiah, kata Stevens segera.  Kami juga mencari catatan dari Jean Chrétien Baud.  Tetapi tidak ditemukan.  Ketika tongkat di bawah lampu neon yang kuat dari Rijksmuseum, seseorang tiba-tiba bertanya: apa yang tertulis di sana?

 Kami semua condong ke depan.  Ternyata ada kertas peninggalan kakek tertempel di tutup kayu bilah.  Itu telah berubah benar-benar cokelat selama bertahun-tahun.  Kami mencoba menguraikannya.  Itu tidak cukup berhasil, tetapi apa yang bisa kita baca meyakinkan kita bahwa ini adalah tongkat yang dituju. "

 

 Di meja Erica Baud ada tumpukan buku tentang bekas koloni itu.  Semua dibeli selama bertahun-tahun.  Bagaimanapun,  Indonesia selalu bagian dari kisah keluarga.  Dia menunjukkan potret leluhurnya, yang dilukis oleh pelukis Jawa Raden Saleh, yang terkenal di Belanda dan Jerman pada saat itu.  "Pria yang tidak menarik," katanya.  "Tentu saja kamu juga ingin dia menjadi pria yang tidak terlalu jahat.  Apa yang telah ditulis tentang dia menunjukkan bahwa, meskipun seorang penguasa kolonial, dia menaruh banyak perhatian pada budaya dan adat Jawa. 

Di Belanda ia menjadi Menteri Koloni dan kemudian ia mendirikan Institut Kerajaan untuk Bahasa, Tanah dan Etnologi.  Sebuah potret keluarga yang dilukis oleh Raden Saleh sekarang tergantung di sana. "

 

 Tak satu pun dari keturunan Jean Chrétien Baud  tertarik pergi Indonesia.  Meskipun ayah Erica Baud masuk   wajib militer pada tahun 1949, itu dibatalkan karena sakit.  Erica Baud sendiri bekerja dengan kelompok-kelompok gamelan Belanda, tetapi baru sekarang dia "dalam perjalanan ziarah kami" mengunjungi tempat-tempat di mana leluhurnya pernah memerintah dan di mana seorang anak yang lahir mati dimakamkan.

 

 "Orang sering bertanya kepada saya apa yang saya punya tentang  Indonesia.  Sekarang saya bisa memberi tahu mereka tentang kakek buyut buyut buyut saya dan tongkat Diponegoro. "

Saat ini banyak peninggalan dan harta karun milik bangsa Indonesia yang dibawa ke luar negeri sebagai barang antik, hadiah atau barang rampasan. Yang nilainya saat diperjualbelikan pasti sangat mahal. Kita bisa melihatnya di internet.  Dan semua itu harus milik Indonesia,  Belanda harus mengembalikan semua harta kerajaan yang diambil atau dicuri dari Indonesia.  Tongkat dan keris sang pangeran sudah  ditemukan dan dikembalikan ke Indonesia, andai selopnya bisa ditemukan akan lebih lengkap peninggalannya.

 

 

SUMBER

JAVAPOST.NL

No comments:

Post a Comment