Minggu, 19 Februari 2012

Membangun Jembatan di Indonesia



Kemarin di Ciomas bogor ada berita jembatan yang putus dan hanyut dibawa arus sungai yang saat itu deras. Banyak nyawa melayang. banyak orang hilang. Dan kita makin terlihat bodoh..

Membuat jembatan di indonesia ini gampang-gampang susah. Gampangan dibuatnya sehingga susah bertahan lama. Jika membandingkan hasil karya bangsa ini dengan hasil karya bangsa Belanda rasanya kok terlalu jauh bedanya. Apa masalah di uang atau di kepala. saya tidak tahu..

Jembatan yang dibangun oleh Belanda di masa lampau masih banyak kita jumpai dan banyak yang bertahan walau dihantam zaman. Bentuk dan modelnya cantik dan kokoh. Tidak terlihat serampangan dibuatnya. Sedangkan jembatan yang dibangun masa Orde Baru dan reformasi dibuat seadanya. Yang penting berdiri dan jadi. sehingga demikian mudahnya runtuh dan hanyut ketika dihantam arus sungai.

Padahal jembatan sudah pasti sangat-sangat penting bagi kemajuan bangsa. Untuk menyebrang sungai, untuk berusaha dan mencapai cita-citanya, untuk menyebrang dari miskin jadi kaya. Masyarakat sangat mengharapkan jembatan karena jembatan adalah salah satu pintu masuk menuju perubahan. Tidak perlu jembatan emas.. yang penting kokoh dan mampu bertahan melawan alam dan zaman yang ternyata makin ganas dan sukar diprediksi.

Kita perlu berubah, kita perlu meningkatkan Kesadaran-diri melalui pertimbangan yang hati-hati terhadap peluang yang jauh lebih besar untuk mencapai tujuan-tujuan baik. Jangan ada lagi jembatan roboh.. Walau itu tidak mungkin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar