Minggu, 02 Oktober 2011

Foto : Mantuil yang asli



Mantuil adalah salahsatu kelurahan di Banjarmasin Timur. Wilayah ini terletak tepat di bibir sungai Martapura. Wilayah ini berbentuk huruf U dan dibelah sungai yang menghubungkan sungai Maartapura, sehingga wilayah ini sering dijadikan jalan tembus perahu kecil yang menyusuri sungai Martapura. kodepos kelurahan ini adalah BANJARMASIN 70244.

Nama lama Mantuil/Pantuil adalah schans van Thuyl, terletak pada titik selatan pulau Tatas, dimana sebuah benteng dinamakan van Thuyl yang dibangun tahun 1819.
Benteng itu sekarang lenyap sudah.

Banyak perumahan berdiri di sepanjang jalan tembus Mantuil ini. Namun jika mencari daerah Mantuil yang asli maka yang dipinggir sungai bukan yang pinggir jalan raya. Rumah-rumah sederhana asli banjarmasin masih banyak ditemui disana.



Sebetulnya daerah ini bisa dijadikan desa wisata karena lingkungan pemukiman desa tradisional di Mantuil mempunyai citra arsitektur tradisional, yaitu pada penampilan bangunan perumahan yang berada di pinggir-pinggir sungai.


2 komentar:

  1. maaf, sekedar meralat. mantuil itu di kecamatan banjarmasin selatan. baru sebulan yang lalu saya ada keperluan penelitian bahasa banjar di sana, jadi saya tau dan meralat postingan ini. terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju dgn Oktavia Meivirina, Mantuil sudah menjadi kampung bahari di Banjarmasin Selatan. dan secara administrasi masuk Banjarmasin Selatan min. mksih

      Hapus