Senin, 26 September 2011

Journey to Celebes Part 10: Doleng-doleng = tari perut dari sidrap


Hampir seluruh wilayah di indonsia jika akan ada hajatan besar kita mempersembahkanhiburan. Ada tarian ada nyanyian.Ada dagelan ada misbar. Kita tahu di Karawang ada penari jaipong dan sanggar keseniannya yang bisa ditanggap ketika ada pesta kawinan atau pertunjukan wayang golek ketika ada sunatan, maka di Sidrap ada CanDoleng doleng dan musik electonnya saat ada hajatan.

Candoleng doleng atau biasa disebut doleng-doleng adalah pertunjukan tarian dengan diiringi musik elekton, musik keyboard . Biasanya yang menari adalah perempuan. Pertunjukan ini mempersembahkan tarian wanita di atas panggung mengikuti irama musik. musiknya apa saja, bisa dangdut bisa housemusik.. Lebih seringnya adalah lagulagu bugis yang sedang trend. Yang membuat doleng doleng ini menarik adalah kelakuan penarinya.

Doleng doleng berarti “berjuntai-juntai”, atau bergelantungan, bahasa betawinya mah gombal bambel. Jadi jangan kaget jika yang dipertontonkan adalah sesuatu yang gombal gambel..

Masyarakat Bugis dan Makassar mengenal pertunjukan ini sudah lama, biasanya pada bulan bulan tertentu pertunjukan ini sering show. Masyarakat Bugis mengenal adanya bulan baik dan bulan buruk untuk melangsungkan pernikahan. Penentuan bulan baik dan buruk tersebut berdasarkan pada perhitungan kalender Islam, atau kalender Hijriah. Bulan baik untuk melangsungkan pernikahan biasanya, jatuh pada bulan Sa’ban atau satu bulan menjelang Ramadhan, dan satu bulan setelah Ramadhan yaitu Syawal. Ramadhan tidak dipilih sebagai bulan untuk melakukan pernikahan karena dianggap sebagai bulan yang dikhususkan untuk memperbanyak amalan baik dan beribadah. Makanya tidak heran jika sebelum dan sesudah Ramadhan, banyak ditemui pesta-pesta pernikahan. bulan Zulkaidah dan Zulhijjah juga dianggap sebagai bulan yang tidak tepat untuk melangsungkan pernikahan. Alasannya karena pada saat itu banyak orang muslim yang sedang melakukan ibadah haji di Tanah Suci Mekah. Sehingga jika melangsungkan pernikahan pada saat itu, tentu saja banyak keluarga yang dikhawatirkan tidak melihat acara pernikahan sanak familinya. Bulan Safar, Rabiul Awal, Rabiul Akhir, Jumadil Awal dan Jumadil Akhir, adalah bulan yang juga dianggap baik untuk melangsungkan pernikahan.

Namun yang saya lihat kemarin adalah dalam rangka ulang tahun perkumpulan sopir di sidrap. Mereka menyajikan tarian ini.



Bagaimana tampilan goyang candoleng-doleng ala artis-artis electon?

Dalam aksinya, goyang candoleng-doleng biasanya diiringi dengan musik “house dangdut” yang berdurasi sekitar tiga puluh menit. Mereka biasanya tidak tampil sendiri, mereka biasanya tampil berdua atau bertiga. Dalam goyangannya, artis electon selalu tampil “seksi” dengan menggunakan baju ketat dan sangat minim. Aksi tersebut biasanya diiringi dengan goyangan “erotis” yang mampu mengalahkan aksi “goyang ngebor” Inul Daratista, atau “goyang gergaji” ala Dewi Persik, atau bahkan “goyang ngecor dan goyang vibrator” milik Denada. Sedikit gambaran yang mereka lakukan saat bergoyang adalah; meliuk-liuk seperi penari striptis, meraba-raba (maaf) payu darah dan kemaluan, dan memperagakan pasangan yang sedang melakukan (maaf) hubungan intim.

Jangan pula membayangkan suara merdu dan bernyanyi yang sesuai dengan teknik yang benar pada saat artis electon menampilkan goyang candoleng-doleng-nya. Dalam durasi tiga puluh menit, artis-artis electon hanya bernyanyi tidak lebih dari sepuluh menit. Sisanya, mereka hanya mengisi musik “house dangdut” tersebut dengan goyangan “erotis”, lenguhan, desahan, lengkingan atau teriakan yang berisi ajakan untuk berbuat mesum, atau mengucapkan kata-kata yang tidak sopan, bahkan ada menggosok-gosokkan microphone pada (maaf) payu darah dan kemaluan.

Tetapi setelah menonton pertunjukan itu, yang ada malah kasihan dengan para penarinya. Bayangkan saja mereka harus menari dari jam 10 pagi sampai jam 6 sore, dengan istirahat untuk makan siang. Walau menarinya bergantian tetep saja kasihan .. Karena Untuk wilayah Sidrap saat ini acara keramaian hanya boleh dari jam 9 sampai jam 6 sore. Sehingga acara ini diselenggarakan siang hari.


Sebetulnya saya ingin menunjukkan video can doleng doleng.. tapi takut kena pasal ariel..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar