Kamis, 22 September 2011

Mengenal Kota Ungaran

gunung ungaran

Kota ungaran adalah ibukota Kabupaten Semarang. Kota kecil  dengan pemandangan gunung urangan dan gunung Telomoyo.

Kota ini cukup ramai karena adanya kota Semarang yang mulai jenuh dan penuh penduduknya. apalagi Jalan tol sudah menjangkau kota ini dari Semarang semakin memudahkan hubungan dan memperpendek waktu tempuh bila bepergian. Saat ini Ungaran adalah jalur utama menuju kota Solo.

Berdasarkan data sekunder diketahui bahwa jumlah penduduk kota Ungaran pada
tahun 2003 adalah sebesar 112.251 jiwa. Dari data kependudukan di atas maka kota Ungaran dapat digolongkan kepada kelas kota sedang, dimana berdasar kriteria BPS mengenai kelas kota, kota sedang adalah kota dengan jumlah penduduk antara 100.000 sampai 500.000 jiwa.

Ada legenda tentang kota ungaran ini tepatnya di candi gedongsongo yang terletak di gunung ungaran.
di lereng gunung di antara jajaran candi ini terdapat kawah berbau belerang yang merupakan makam Dasamuka yang dikubur di kawah ini oleh Hanoman sendiri, kemudian Hanoman berdiam di Gunung Telomoyo mengawasi Dasamuka jika sewaktu-waktu bangkit. Dasamuka bisa bangkit jika ia mencium bau minuman keras.

Diluar itu semua.. Ungaran adalah kota yang sedang membangun. Banyak pohon dipinggir jalan ditebang untuk memperlebar jalan. Jadi..jangan berharap kesejukan di kota ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar