Wednesday 28 September 2011

Orang bego benerin komputer kena virus

Sudah 4 kali komputerku bermasalah. Virus biang keroknya. Awalnya dari flashdisk teman yang minjam komputer. Karena punya antivirus maka virus bisa dihilangkan. Namun ternyata itu sementara, karena beberapa minggu kemudian terlihat virus itu muncul lagi. Karena merasa antivirus yang ada kurang ampuh maka install anti virus baru. Dengan antivirus baru ini virus dibantai habis sampai keakar-akarnya. Namun ternyata hilang virusnya malah bikin mati komputernya. Komputer Blank. Hitam saja ketika dinyalain. Yang ada hanya bunyi mesin komputer dan suara kipas berputar. Daripada bingung solusi yang diambil adalah panggil tehnisi dan minta install ulang. Murah cukup Rp 50.000.

Enam bulan kemudian kena virus lagi, dari flashdisk juga. Saat itu keadaan memaksa, data yang diperlukan ada dalam flashdisk . Jadi sudah tahu bahwa flasdisk ini mengandung virus, ya.. nekat aja. Nama virusnya Ranmit. Virus yang suka bikin shortcut 4 biji dan bikin folder yang susah banget dihapusnya.

Virus ini tidak bikin mati komputer, namun bikin lelet dan nyebar ke mana-mana. Semua media penyimpanan data kena, flashdisk, MMC , dan juga T-Flash handpone. Tapi cuek aja, yang penting computer masih hidup pikirku. Dan selama 1 bulan menggunakan komputer ini lama-lama terasa mengganggu. Akhirnya berdasarkan pengalaman pertama maka terpaksa diinstall ulang. Ke tehnisi dan bayar Rp. 50.000 lagi.

Namun tidak habis 2 bulan komputer bermasalah lagi. Virus ranmitnya muncul lagi. Ternyata hanya membersihkan direktori C saja. Direktori yang lainnya ternyata kena virus juga. Di coba benerin sendiri, namun gagal terus. Virus ini kuat sekali daya cengkramnya. Akhirnya install ulang lagi.. Rp.50.000.

Setelah beres di install ulang.. Apakah sudah beres? Belum lah.. Walau lebih hati-hati, akan ada saat kita dihadapi pilihan berat. Misalnya ketika perlu flashdisk lagi. Sedangkan di flashdisk masih ada virus ranmitnya. Mau dihapus takut nyebar. Kalau tidak dipake mubazir. Pikir punya pikir.. hajar aja bleh. Akhirnya coba-coba benerin sendiri menghilangkan virus ranmit ini. Buka google dan menemukan banyak anti virus. Semua anti virus dicoba.. di install ke komputer dan akhirnya semua antivirus ada.

Antivirusnya mantap-mantap. Namun bahasa inggris semua. Jadi Ketika banyak pertanyaan mana yang harus dicentang mana yang tidak, tentunya dalam bahasa inggris. Jawabannya pun asal. Ada yang dicentang ada yang tidak. Dan ketika sampai ke pertanyaan : eksekusi? langsung spontan pencet Enter.

Namun apa yang terjadi.. Komputer tidak bisa bergerak. Explorernya hilang, yang ada cuma gambar desktop aja. Benerin sana sini tetap tidak keluar folder ataupun cursornya. Di restart ulang tetap tidak muncul. Matiin hidupin matiin hidupin dan komputer tetap cuman gambar desktop aja yang muncul tidak ada yang lain, akhirnya menyerah. .

Di install ulang lagi.. Rp 50.000. Cape deh.

Mantap.. total semua jadi Rp 200.000 untuk istall saja, lama-lama bangkrut nih..
Saatnya belajar install komputer pikirku. Mau tidak mau harus belajar menginstall computer. Massa begonya keterusan. Akhirnya nekat install sendiri dan ternyata menginstall itu gampang juga tapi sulit juga. Namun saya rasa semua pasti bisa. Cukup lihat google dan praktekan. Nanti saja cerita tentang hal ini.

No comments:

Post a Comment