Minggu, 20 November 2011

Peta Bahasa Indonesia di Dunia



Mantaff.. Zaman sekarang semua bisa diukur. Bahkan penggunaan bahasa bisa dihitung. Itulah yang dilakukan oleh Eric Fischer pada twitter.com.

Siapa sangka bahasa indonesia bisa menjadi nomor 3 bahasa yang dipakai di dunia. Kita tahu bahwa Indonesia merupakan salah satu negara pengguna Twitter terbesar di dunia. jadi rasanya wajar saja jika penggunaan Bahasa Indonesia di situs itu sangat banyak.

Sebuah analisis dilakukan oleh beberapa peneliti di AS dengan memanfaatkan piranti lunak Compact Language Detector (CLD) yang dibenamkan Google pada setiap browser Chrome mereka. CLD bersifat Open Source dan telah diekstrak oleh Mike McCandless sehingga bisa digunakan oleh banyak orang. Adalah Eric Fischer yang menerapkan piranti lunak itu pada Twitter dan, melalui pengolahan lanjutan, menghasilkan sebuah peta yang menarik untuk dilihat.


Pada peta tersebut, bisa terlihat gambaran kasar sebaran pengguna Twitter di Indonesia. Jawa terlihat paling jelas, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi cukup tampak meski tak utuh. Sedangkan Papua agaknya memiliki pengguna Twitter paling sedikit karena nyaris tak terlihat.

Dari hasil analisa tersebut, berikut adalah 10 besar bahasa yang paling banyak digunakan di Twitter:

1. Inggris
2. Portugis
3. Indonesia
4. Spanyol
5. Malaysia
6. Jepang
7. Belanda
8. Korea
9. Filipina
10.Russia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar