Minggu, 14 Agustus 2011

Lejja : Pemandian air panas di Sulawesi Selatan

Berenang di bawah pohon bersama kekasih.. aih.. nikmatnya.

Jika kita sedang di Sulawesi yang terkenal panas dan jarang turun hujan menikmati air hangat dengan suhu sekitar 50 derjat Celcius plus kandungan sulfur yang berkhasiat menyembuhkan gangguan pada kulit adalah pengalaman yg cukup menyenangkan.Hanya 10 km dari jalan poros Sidrap soppeng kita bisa menemukan lokasi itu. Lejja namanya.

Karena letaknya ditengah-tengah lembah, para pengunjung harus berjalan kaki menuruni ratusan anak tangga yang terbuat dari semen yang disekelilingnya adalah pohon-pohon tinggi yang membuat para pengunjung tidak merasa kecapean dan terlindung dari sengatan matahari, apalagi suhu udara di tempat itu cukup sejuk.

Salah satu tempat Wisata andalan Watansoppeng adalah permandian Air Panas Lejja yang berlokasi di Kecamatan Marioriawa, sebelah utara sekitar 20 kilometer dari pusat Kota Watansoppeng dengan jarak tempuh ke lokasi sekitar 1-2 jam. Hembusan hawa sejuk pegunungan akan menyambut para wisatawan yang datang berkunjung. Pemandangan yang menakjubkan akan kita nikmati ketika kita berada di tengah kawasan hutan yang masih terjaga keasliannya. Dengan kondisi jalanan yang mulus dan penuh tikungan tajam juga merupakan pengalaman tersendiri bagi para pengunjung.

Di sekitar pemandian ini, Jangan kaget jika menemukan kaleng atau plastik yang di ikat di pohon atau di akar di lokasi ini. Bergelantungan membuat terlihat sedikit berantakan. Karena Masyarakat Soppeng yang  masih percaya kepada hal-hal berbau mistis, berkunjung ke Lejja kerap dijadikan sasaran untuk melakukan khaul atau niat.  Kaleng atau plastik tersebut, menjadi simbol pengharapan seseorang. Jika keinginan yang bersangkutan telah terpenuhi atau terwujud, maka dia akan datang kembali ke Lejja untuk melepaskan kaleng yang telah digantungkannya.

Sumber Air Panas dan Lokasi tempat masyarakat mengikat kaul ada di salah satu pohon diatas itu.
Didalam kawasan obyek wisata ini, juga ada gasebo yang disewa Rp.50.000 per dua jam. Selain itu juga ada villa-villa mirip rumah panggung terbuat dari kayu berukuran sedang dan besar. Menurut petugas yang mengurusi villa itu, sewanya untuk villa ukuran sedang Rp.250.000 per 12 jam, sedangkan villa yang paling besar Rp.500.000 per 12 jam.

Wajar saja, lokasi obyek wisata alam permandian air panas Lejja ini setiap hari ada pengunjungnya, karena vila-villa itu oleh para pengunjung ditempati untuk penginap. Biasanya para pengunjung yang mau menginap, mereka memesan villa seminggu sebelumnya. Mereka menginap kadang sampai dua hari, terpadat pada hari sabtu, villa-villa itu sudah terisi penuh.

lokasi wisata alam permandian air panas Lejja ini setiap tahunnya dikunjungi sekitar 5000 wisatawan lokal. Tiket masuk ke kawasan obyek wisata alam Lejja ini, untuk dewasa hanya Rp5000 dan anak-anak Rp2500 per orang. Tiket masuk ini menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Soppeng di bidang Pariwisata.
.
suasana yg cukup ramai ini akan semakin ramai ketika masa liburan sekolah

1 komentar:

  1. Agan2 Sya menawarkang Kamera Canon 650d kit Hrga Promo buat yg online aja Jadi buruaaaanng
    Canon Eos 650d Kit LCD with EF-S 18-55mm F3.5-5.6 II IS

    SPESIFIKASI :
    -APS-C Digital SLR,
    -18 Megapixel,
    -LiveView,
    -Full HD 1080,
    -SD/SDHC/SDXC Card Slot,
    -3.0" Vari-Angle TouchscreenLCD with EF-S 18-55mm F3.5-5.6 II IS

    ISI dalam kotak::
    * Kamera canon 650d KIT
    * Lensa
    * Charger
    * Dus
    * bUSB cable
    * Strap canon ( Tali )
    * Battery
    * Buku manual
    * Kartu Garansi resmi
    * CD,dll
    Plus Memory 8GB
    Garansi resmi 1thn
    Hrga=2.999.000
    hrga promo buat yg online Aja jadi buruaaaaaaaang munpung promo masih berlaku
    Demi Kepuasan Bersama,Kami Melayani Pengiriman Barang Melalui Via Tiki/Jne.
    Minat atau ingin nanya tipe2 kamera hub\sms=085310120333 PIN BB=24C19401

    BalasHapus