Sabtu, 20 Agustus 2011

Mengenal Jupiter


Jupiter adalah planet terbesar di tata surya. Ukurannya 120 kali dari Bumi. Namun, pengukuran terbaru melalui pesawat luar angkasa mengungkapkan inti planet itu paling banyak berukuran 10 kali lipat dari planet yang kita tinggali.

Studi terbaru tentang Jupiter menemukan bahwa, planet raksasa itu memiliki inti yang sangat kecil dibandingkan dengan ukurannya yang besar. Ilmuwan meyakini, Jupiter jadi planet terbesar di Galaksi Bima Sakti karena ia menelan planet-planet kecil lainnya, sebelum membesar.

Dari data sejarah dikenal ada misteri bintang natal yg dipercaya sebagai pertanda dari kelahiran Yesus. Bintang tersebutlah yang membawa tiga pria yang disebut “Para Majus” untuk datang ke Yerusalem menemui Raja Herodes dan mempertanyakan kelahiran Yesus yang mereka anggap sebagai Raja Yahudi. Dan berdasarkan penelitian astronomi yang telah diteliti oleh Thompson, ia percaya jika Jupiter merupakan bintang natal karena planet terbesar di tata surya itu adalah kunci untuk menjawab misteri tersebut. Thompson menemukan adanya tiga konjungsi yang terjadi antara September 3 SM hingga Mei 2 SM. Tepatnya, ketiganya terjadi pada 14 September 3 SM, 17 Februari 2 SM, dan 8 Mei 2 SM.

Konjungsi yang dimaksud adalah kondisi ketika dua benda langit terlihat berdekatan satu sama lain. Karena bumi memiliki periode orbit lebih cepat dari Jupiter, maka manusia akan merasa bumi mendahului Jupiter. Sementara, Jupiter sendiri akan tampak berubah arah selama beberapa minggu, sebelum akhirnya kembali bergerak ke arah timur. Perubahan arah itulah yang mungkin dilihat dan menjadi tanda bagi Para Majus. “Gerak retrogade berarti planet bergerak ke arah barat. Jadi, mungkin Para Majus telah mengikutinya dari Persia,” kata Thompson. Thompson melanjutkan, “Dengan unta, perjalanan akan memakan waktu tiga bulan. Dan yang menarik, jangka waktu tersebut kurang lebih sama dengan lamanya Jupiter bergerak ke arah barat.”


Dalam mitologi Romawi, Yupiter atau Yove adalah raja para dewa, dan dewa langit dan petir. Dalam mitologi Yunani dia dikenal sebagai Zeus.

Ia dipanggil Iuppiter (atau Diespiter) Optimus Maximus ( "Dewa Terbaik dan Terbesar"). Sebagai dewa pelindung Romawi kuno, ia memerintah hukum dan tatanan sosial. Dia adalah dewa pemimpin dalam Triad Kapitoline bersama istrinya Yuno. Yupiter juga adalah ayah dari dewa Mars dari hubungannya dengan Juno.

Oleh karena itu, Jupiter adalah kakek dari Romulus and Remus, pendiri kota Roma. Yupiter dihormati di agama Romawi kuno, dan masih dihormati di Neopaganisme Romawi.

Ia adalah putra dari Saturnus, saudaranya adalah Neptunus dan Pluto. Dia juga merupakan suami dari Keres, saudara dari Veritas, dan ayah dari Merkurius.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar